Ketika Master Catur Dunia Garry Kasparov Dikalahkan Oleh Sebuah Komputer Deep Blue

kasparov vs deep blue
Photo by : historyinorbit.com


Garry Kasparov adalah sosok yang tidak asing lagi buat para pecinta permainan catur. Pasalnya, Kasparov adalah Legenda grandmaster pecatur utama dunia dan mungkin manusia paling tangguh dalam bermain catur. Ia memiliki ELO rating tertinggi dengan nilai 2804 setelah sebelumnya sempat mencapai 2851 pada tahun 1991.

Garry Kasparorv
Poto by : timedotcom.file.wordpress

Kasparov mulai terkenal di dunia catur saat dia menyandang gelar grandmaster catur termuda di dunia pada jamannya yaitu pada usia 22 tahun. Debutnya dimulai pada tahun 1984 saat menantang juara dunia saat itu Anatoly Karpov dalam pertandingan catur paling kontroversial sepanjang sejarah.
Photo by : nbcnews
Deep Blue
Photo by : radiohc.cu

namun Garry tidak dapat berkutik ketika ditantang oleh IBM untuk bersaing melawan komputer pintar pertama mereka bernama Deep Blue. Deep Blue memang komputer pintar pertama yang diciptakan oleh IBM pada tahun 1996.

Untuk menguji keahliannya maka IBM pun menawarkan tantangan tersebut pada sang juara dunia, perlombaan itu disaksikan oleh seluruh ilmuwan-ilmuwan dari penjuru dunia untuk sekaligus mengamati perkembangan sang Deep Blue.

Saat melawan Garry, Deep Blue mengalami kekalahan diawal permainan. Namun hasil yang berikutnya dia ciptakan membuat seluruh dunia terheran-heran. Dia mampu mempelajari permainan Garry dan melakukan analisa-analisa serta taktik serangan baru hanya dalam 1 game.

Hasil pun tercipta, Deep Blue unggul 6-1 melawan sang juara dunia catur pada tahun 1996. Dari pertandingan inilah banyak tercipta inovasi-inovasi baru didalam dunia teknologi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment